Fishing

Sosok Inspiratif, Dosen Unisa Rancang Pompa Air Untuk Petani

Sab20042024

Last updateKam, 04 Apr 2024 4am

bjb

Profil

Sosok Inspiratif, Dosen Unisa Rancang Pompa Air Untuk Petani

Yogi Iskandar, M.Pd

Kuningan Terkini - Teknologi berkembang pesat menyesuaikan perkembangan zaman. Pada perkembangannya, muncul teknologi terbarukan yang memudahkan manusia dalam melakukan berbagai perkerjaan. Adalah Yogi Iskandar, M.Pd, salah seorang Dosen Universitas Islam Al-Ihya (Unisa) Kuningan merancang dan mengembangkan teknologi tepat guna pompa hidrolik untuk petani.

“Meski kemajuan teknologi cukup pesat, namun petani kita masih banyak mengalami kendala, di antaranya ketika memasuki musim kemarau," kata Yogi Iskandar, M.Pd menjelaskan, Jum’at (23/10/2020).

Pompa hidrolik ini sambungnya, cukup memanfaatkan tenaga air yang berasal dari arus kali Cijolang ketika kemarau. Arus air dimanfaatkan sebagai tenaga pemutar atau kekuatan untuk memutarkan kincir dan menarik atau mendorang air. Sehingga tidak memelukan bensin atau pun tenaga listrik.

“Pompa tersebut, akan menjadi solusi dalam menjawab hambatan-hambatan pengaliran berupa perbedaan tekanan dan perbedaan ketinggian atau hambatan gesek. Karena pada prinsipnya, pompa mengubah energi mekanik motor menjadi energi aliran fluida. Energi yang diterima oleh fluida akan digunakan untuk menaikkan tekanan dan mengatasi tahanan-tahanan yang terdapat pada saluran yang dilalui,” terangnya.

Sistem kerja pompa air hidrolik tersebut lanjutnya, sumber tenaganya berasal dari arus air yang berfungsi untuk memutarkan kincir air. Dari sumber tenaga tersebut dipindahkan tenaganya ke hidrolik sistem yang berfungsi untuk menarik dan mendorong air. Sehingga, air bisa terhisap melalui dua lubang pipa yang terdiri dari pipa masukan dan pipa pembuangan. “Pipa masukan berfungsi untuk menghisap air dan pipa buang berfungsi untuk mendorong air,” ujarnya.

Terpisah, Rektor Unisa, Nurul Iman Hima Amrullah, M.Si mengapresiasi dosen yang berinovasi memberikan manfaat untuk masyarakat. Menurutya, sebagai perguruan tinggi yang mengusung visi keislaman, kewirausahaan, dan teknologi informasi, pihaknya terus mendorong supaya berinovasi menghasilkan teknologi tepat guna yang hasilnya bisa bermanfaat untuk masyarakat.

"Selain pompa air yang sedang digarap Pak Yogi, mahasiswa kami juga sedang berinovasi mengolah limbah menjadi bahan bakar. Kemudian ada juga program besar yaitu mengolah kotoran hewan menjadi kertas. Ini semua bentuk keseriusan kami di Unisa supaya bermanfaat untuk bangsa," pungkasnya.(gg)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing